SARI, DINA NOVITA (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING TEKNIK TRANSFORMASI CERPEN PADA SISWA KELAS VIII C SMP N 1 KEPOHBARU 2024/2025. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
DINA NOVITA SARI_21110051_PBSI B - Dina Novita sari-1-37.pdf Download (694kB) |
Abstract
Dina Novita Sari, Sari, 2025. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama menggunakan Metode Quantum Learning Teknik Transformasi Cerpen pada Siswa kelas VIII-C SMP N 1 Kepohbaru 2024/2025 Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd. (II) Joko Setiyono, M.Pd. Kata Kunci : Teks Drama, Quantum Learning Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII-C SMP N 1 Kepohbaru 2024/2025 menggunakan metode quantum learning teknik transformasi cerpen pada pembelajaran teks drama yang dilatar belakangi observasi awal peneliti yaitu rendahnya hasil belajar siswa di kelas VIII-C terutama dalam pembelajaran menulis teks drama dengan rata-rata yaitu 65,4, nilai tersebut masih dibawah kriteria penilaian yaitu 70. Hal ini menunjukkan hasil rendahnya nilai siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran keterampilan menulis teks drama, oleh karena itu peneliti akan berusaha meningkatkan nilai siswa kelas VIII-C dengan menggunakan metode quantum learning teknik transformasi cerpen. Metode yang digunakan penelitian (PTK) dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi setiap siklusya. Subjek penelitian ini kelas VIII-C berjumlah 30 siswa, pengumpulan data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, dari data kualitatif berupa lembar observasi penerapan metode quantum learning, wawancara guru dan siswa. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif berupa hasil data yang diperoleh dari peningkatan keterampilan menulis teks drama selama penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) peningkatan keterampilan menulis, 2) hasil pembelajaran siswa terutama menulis teks drama, hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dibandingkan dengan prasiklus nilai rata-rata pada siklus I yaitu sebesar 71,1 dengan peningkatan hasil tes sebesar 65,4. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran siklus II adalah 85 dengan peningkatan hasil tes sebesar 13,9, hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari kegiatan prasiklus, siklus I dan siklus II selama penelitian dilaksanakan, 3) hasil kinerja guru dan keaktifan siswa juga meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 06:17 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 06:17 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |