PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEPID “PEMBELAJARAN PIDATO” BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI PIDATO KELAS VIII MTS HIDAYATUS SIBYAN SENORI TUBAN

Istiqomah, Ani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEPID “PEMBELAJARAN PIDATO” BERBANTUAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI PIDATO KELAS VIII MTS HIDAYATUS SIBYAN SENORI TUBAN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
ANI Istiqomah-1-24.pdf

Download (985kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Istiqomah, A. (2025). “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi PEPID “Pembelajaran Pidato” Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline pada Materi Pidato Kelas Viii Mts Hidayatus Sibyan Senori Tuban”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Masnuatul Hawa, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Joko Setiyono, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pidato, dan Articulate Storyline Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan media pembelajaran menggunakan media Articulate Storyline dalam materi pidato, untuk mengetahui desain media pembelajaran aplikasi PEPID materi pidato Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline, dan untuk mengetahui hasil evaluasi penerapan media pembelajaran menggunakan aplikasi articulate storyline pada materi pidato di siswa kelas VIII MTs Hidayatus Sibyan Senori Tuban. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development atau R & D dengan prosedur penelitian Analyze, Design, Development, Implementasion, Evaluation atau model ADDIE, data yang diambil menggunakan angket kepada siswa, dan ahli media serta materi, subjek penelitian 1) siwa mts Hidayatus Sibyan 2) dosen ahli media dan materi 3) guru bahasa Indonesia, Instrumen dan teknik pengumpulan data diantara menggunakan instrumen angket analisis kebutuhan, instrumen angket untuk ahli dan istrumen ini diantaranya instrumen angket untuk ahli materi dan media dan instrumen angket untuk siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan uji prasyarat analisis, uji keseimbangan, uji hipotesis, selanjutnya uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian dari media pembelajaran aplikasi pada materi pidato kelas Viii, media pembelajaran ini diberi nama "PEPID" yang berarti singkatan dari pembelajaran pidato. Rincian kegiatan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE pada materi pidato diantaranya, 1) kebutuhan media pembelajaran aplikasi pada materi pidato berbantuan aplikasi articulate storyline 100% siswa menjawab setuju jika materi pidato dengan aplikasi dan 100% siswa menjawab setuju jika materi pidato berbantuan aplikasi articulate storyline, kebutuhan spesifikasi produk media pembelajaran aplikasi materi pidato terdapat pernyataan media pembelajaran aplikasi disusun dalam bentuk apa 66,67% dari 8 siswa menjawab landscape sedangkab 33,33% atau 4 siswa menjawab potrait 2) desain media pembelajaran aplikasi PEPID materi pidato berbantuan aplikasi articulate storyline, 3) Evaluasipenerapan media pembelajaran menggunakan media Articulate Storyline pada materi pidato. Hasil evaluasi penerapan media pembelajaran menggunakan aplikasi pepid terdapat penilian dari pakar media, materi, dan dari siswa. Hasil evaluasi penerapan media pembelajaran menggunakan aplikasi articulate storyline pada materi pidato mayoritas siswa positif dan aplikasi mampu digunakan pembelajaran yang menyenangkan, tampilan menarik dan tidak membosankan. Hasil dari uji keefektifan aplikasi PEPID adalah nilai rata-rata kontrol 40,83 sedangkan eksperimen 76,67, hasil uji normalitas kelas kontrol sig dari shairo-wilk 0,575, hasil uji normalitas kelas eksperimen 0,373, hasil uji homogenitas nilai sig 0,849, dan nilai sig uji hipotesis 0,001 dapat disimpulkan bahwa nilai tersebut menunjukkan lebih besar dari pada nilai 0,05 sehingga dapat disimpulkan data hasil menunjukkan berdistribusi normal..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 12 Sep 2025 07:37
Last Modified: 12 Sep 2025 07:37
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3111

Actions (login required)

View Item View Item