KARAKTERISTIK TOKOH UTAMA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL DOMPET AYAH SEPATU IBU KARYA J.S KHAIREN

Rahmawati, Aprilian Dwi (2025) KARAKTERISTIK TOKOH UTAMA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL DOMPET AYAH SEPATU IBU KARYA J.S KHAIREN. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
APRILIAN DWI RAHMAWATI_2110048 (3) - Aprilian Dwi Rahmawati-1-30.pdf

Download (717kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Rahmawati, A., D. (2025). Karakteristik Tokoh Utama Dan Nilai-Nilai Pendidikan Novel Dompet Ayah Sepatu Ibu Karya J.S Khairen. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. IKIP PGRI Bojonegoro. Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd., Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci: karakter tokoh utama, nilai pendidikan, novel Dompet Ayah Sepatu Ibu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya karya sastra sebagai media pendidikan karakter, khususnya melalui novel yang dekat dengan realitas kehidupan. Novel Dompet Ayah Sepatu Ibu karya J.S Khairen dipilih karena mengangkat tema perjuangan hidup, nilai keluarga, dan semangat meraih cita-cita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik tokoh utama dan mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Data penelitian berupa kutipan narasi, dialog tokoh, dan tanggapan tokoh lain dalam novel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pembacaan mendalam, pencatatan kutipan relevan, dan klasifikasi berdasarkan teori karakter Edgar V. Roberts dan kategori nilai pendidikan menurut Buulolo. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari temuan, serta diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik tokoh utama, Zenna dan Asrul, mencerminkan pribadi yang mandiri, pekerja keras, bertanggung jawab, penyayang, sabar, jujur, religius, disiplin, dan gigih dalam meraih cita-cita. Ditemukan tujuh nilai pendidikan dalam novel, yaitu nilai budi pekerti, kecerdasan, sosial, kewarganegaraan, estetika, jasmani, dan kesejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:50
Last Modified: 15 Sep 2025 02:50
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item View Item