LUSITA, JUNIA (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA PADA PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
![]() |
Text
Junia Lusita-21110059 - SECILIA CAHYAAGUSTINA-1-31.pdf Download (1MB) |
Abstract
Lusita, Junia, 2025. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Pada Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Audiovisual, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Dr. Cahyo Hasanudin, S.Pd., M.Pd. (II) Sutrimah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kemampuan menulis, teks eksplanasi, quantum learning, audiovisual Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peoses dan hasil peningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi melalui penerapan model pembelajaran quantum learning berbasis audiovisual pada siswa kelas VIII MTs. Baitul Muttaqin Tumbrasanom, Kecamatan Kedungadem. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis siswa, khususnya pada teks eksplanasi. Pembelajaran konvensional yang digunakan guru kurang membangkitkan minat dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan menulis. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan inovatif yang mampu menstimulus kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam menuangkan gagasan secara tertulis. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses penelitian menunjukkan siswa belum signifikan dalam menulis teks eksplanasi sebelum diterapkannya model quantum learning berbasis audiovisual. Hasil peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa menjadi lebih antusias dan mampu menyusun teks eksplanasi dengan struktur yang benar serta bahasa yang efektif setelah diterapkannya model quantum learning berbantuan media audiovisual. Dari jumlah siswa 20 siswa, pada tahap pratindakan persentase ketuntasan belajar siswa yang memenuhi KKM hanyalah 15% yaitu 3 siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar mencapai 55% yaitu 11 siswa, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90% yaitu terdapat 17 siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan quantum learning berbantuan media audiovisual efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs. Baitul Muttaqin Tumbrasanom Kecamatan Kedungadem.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:59 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:59 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |