ANALISIS KETERAMPILAN DASAR GEOMETRI HOFFER SISWA MTS PADA MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE

PRANATA, FAHRIZAL ZANUARFITRA (2025) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR GEOMETRI HOFFER SISWA MTS PADA MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN LEVEL BERPIKIR VAN HIELE. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Fahrizal Zanuarfitra Pranata-23319001 - Fahrizal Zanuarfitra Pranata-1-16.pdf

Download (722kB)
Official URL: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.p...

Abstract

Penguasaan geometri merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika karena melatih keterampilan berpikir visual, logis, dan analitis siswa. Namun, hasil ujian sekolah menunjukkan bahwa penguasaan materi geometri siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan geometri siswa MTs pada materi segiempat berdasarkan level berpikir Van Hiele. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas IX yang dipilih berdasarkan klasifikasi level Van Hiele. Teknik pengumpulan data meliputi tes VHGT, tes keterampilan geometri, dan wawancara bebas terpimpin. Berikut kalimat pembuka yang cocok untuk menyambung paragraf terakhir Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan geometri siswa MTs dalam menyelesaikan soal segiempat masih didominasi oleh level berpikir visualisasi dan analisis, sementara hanya sedikit siswa yang mencapai level deduksi informal. Hal ini mencerminkan bahwa sebagian besar siswa masih berada pada tahap awal dalam memahami konsep geometri secara mendalam, dan belum sepenuhnya mampu menghubungkan serta menalar sifat-sifat bangun secara logis dan sistematis. Kata Kunci: Geometri; Level Berfikir; Van Hiele.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Sep 2025 07:20
Last Modified: 26 Sep 2025 07:20
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3138

Actions (login required)

View Item View Item