ARDILA, ANGGUN SOFIA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMKT FATHUL MAJID TAHUN AJARAN 2024/2025. Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
|
Text
ANGGUN SOFIA ARDILA 21210047 - Anggun Sofia Ardila-1-30.pdf Download (1MB) |
Abstract
Anggun Sofia Ardila. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Pembelajaran Dengan Aplikasi Inshot Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK Fathul Majid Tahun Ajaran 2024/2025. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing I Dr. Fruri Stevani, M.pd, Pembimbing II Drs. Sujiran, M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, video pembelajaran, hasil belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan video pembelajaran dengan aplikasi InShot terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMKT Fathul Majid tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran ekonomi serta rendahnya capaian hasil belajar pada materi inflasi, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang mengaitkan konsep dengan konteks nyata serta memanfaatkan media audio-visual. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas: satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang diajar menggunakan model CTL berbantuan video pembelajaran, dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen berupa tes hasil belajar yang telah divalidasi melalui validasi isi oleh ahli, uji coba butir soal, analisis validitas menggunakan korelasi Pearson, dan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha (α ≥ 0,70). Data dianalisis menggunakan uji t independen setelah uji normalitas dan homogenitas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (p < 0,05), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan model CTL berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Dengan demikian, penerapan model CTL berbantuan video pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi inflasi.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 05:32 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 05:32 |
| URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/3142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
