SUGIARTO, SUGIARTO (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPEJIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMP ISLAM TERPADU SYAKUR ALMARZUQI BOJONEGORO TAHUN PEMBELAJARAN2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPEJIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PADA MATER.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Sugiarto. 2019.Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Penalaran Pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII SMP Islam Terpadu Syakur Al Marzuqi Ngasem Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) M. Zainudin, M.Pd. (2) Ali Mujahidin, S.Pd.M.M Sugiarto. 2019. The Effect Of Learning Influence with Jisaw Cooperative Model on Reasoning Ability in Comparison Material of Class VII Students of Syakur Al Marzuqi Ngasem Bojonegoro Integrated Islamic Middle School in 2018/2019 Academic Year. Thesis Mathematics Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, IKIP PGRI Bojonegoro. Supervisor: (1) M. Zainudin, M.Pd. (2) Ali Mujahidin, S.Pd.M.M Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakahmodel pembelajarankooperatifJigsaw Terhadap Kemampuan Penalaran Pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII SMP Islam Terpadu Syakur Al Marzuqi Ngasem Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019 Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Islam Syakur Al Marzuqikelas VII semester II tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VII A, VIIB, dan VIII C. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah cluster random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII B dan VII A dengan jumlah tiap kelas 30 siswa sebagai kelas ekperimendan kelas VII B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan soal. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilaiUAS semester ganjil siswa kelas VII SMP Islam Syakur Al Marzuqitahun pelajaran 2018/2019. Metodetes yang digunakan berupasoal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan rumus product moment, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatiftipe Jigsawsebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus separeted varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Syakur Al Marzuqi Ngasem Bojonegoro didapatkan harga t hitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 0,808. Besar derajat kebebasan Σdk = 58 dan taraf signifikan α = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 2,301. Didapatkan hasil bahwathitungbukan anggota DK atau harga thitung>2,301atau thitung<2,301 , dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada efektifitas model pembelajaran kooperatiftipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Penalaran Pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII SMP Islam Terpadu Syakur Al Marzuqi Ngasem Bojonegoro Tahun Pelajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 08:21 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:21 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/33 |
Actions (login required)
View Item |