PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PBL DAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN DANDER BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017

Rohman, Nur (2020) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PBL DAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN DANDER BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017. PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PBL DAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN DANDER BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017. (Unpublished)

[img] Text
Reviewer 4.pdf

Download (371kB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, langsung atau model pembelajaran PBL. (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah. (3) Ditinjau dari motivasi belajar siswa, manakah yang menghasilkan prestasi lebih baik, model pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual, langsung atau model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Dander Bojonegoro tahun pelajaran 2016/2017. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.Kesimpulkan (1) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran PBL lebih baik daripada Kontekstual dan pembelajaran langsung, serta pembelajaran Kontekstual lebih baik daripada pembelajaran langsung. (2) Prestasi belajar matematika dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada motivasi sedang dan rendah, serta motivasi sedang lebih baik daripada motivasi rendah. (3) Ditinjau dari motivasi, prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaranPBL lebih baik daripada pembelajaran kontekstual dan pembelajaran langsung, dan pembelajaran Kontekstual lebih baik daripada model pembelajaran langsung Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learning, Kontekstual dan Konvensional, Motivasi belajar, dan Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username nurrohman
Date Deposited: 06 May 2020 06:08
Last Modified: 06 May 2020 06:08
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item