Peer Review, MODEL PENINGKATAN KUALITAS GURU BERBASIS KINERJA

Hariyadi, Ahmad (2018) Peer Review, MODEL PENINGKATAN KUALITAS GURU BERBASIS KINERJA. Prodi PGSD Universitas Muria Kudus, https://www.google.com/search?q=MODEL+PENINGKATAN+KUALITAS+GURU+BERBASIS+KINERJA.+In%3A+Prosiding+Seminar+Nasional+%E2%80%9CPenguatan+Pendidikan+Karakter+Pada+Siswa+Dalam+Menghadapi+Tantangan+Global%E2%80%9D&rlz=1C1AKJH_enID849ID849&oq=MODEL+PENINGKATAN+K.

[img] Text
artikel6.pdf

Download (113kB)
Official URL: http://pgsd.umk.ac.id/index.php/1351-prosiding-sem...

Abstract

Tulisan ini mengulas tentang “Model Peningkatan Kualitas Guru Berbasis Kinerja” sebagai sebuah solusi peningkatan mutu atau kualitas guru. Peningkatan kualitas guru bisa dilakukan dengan peningkatan kompetensi guru. Kebijakan pemerintah dalam rangka peningkatan kompetensi guru adalah melalui program sertifikasi. Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. Sertifikasi guru bertujuan untuk: (1) menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional, (2) meningkatkan proses dan hasil pembelajaran, (3) meningkatkan kesejahteraan guru, serta (4) meningkatkan martabat guru; dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. Harapan setelah kompetensi guru meningkat adalah peningkatan kinerja guru. Kinerja guru merupakan prestasi yang dicapai oleh seseorang guru dalam melaksanakan tugasnya atau pekerjaannya sesuai dengan standar dan kriteria yang ditetapkan untuk pekerjaan itu. Kegiatan menentukan Kinerja Guru bisa dilakukan dengan pemberian nilai tiap-tiap indikator setiap kompetensi guru. Kompetensi guru mencakupi empat aspek, yang terdeskripsi dalam kompetensi dan indikator. Karena itu, penentuan kinerja guru dilakukan dengan pemberian nilai untuk setiap aspek, kompetensi, dan indikator. Secara mudah, Kualitas guru dapat diukur melalui kualifikasi dan kompetensinya. Guru minimal memiliki kualifikasi S-1 atau DIV. Kinerja guru dapat diukur melalui kompetensinya. Komptensi guru meliputi kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial. Kata kunci: Model, Kualitas guru, Kompetensi, Kinerja

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username hariyadi
Date Deposited: 08 May 2020 03:24
Last Modified: 08 May 2020 03:24
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item