IMPLEMENTASI PENGAMALAN NILAI – NILAI PANCASILA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS V SDN MERGOASRI KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN.

PRABOWO, SINGGIH WAHYU (2019) IMPLEMENTASI PENGAMALAN NILAI – NILAI PANCASILA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS V SDN MERGOASRI KECAMATAN PARENGAN KABUPATEN TUBAN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
3. BAB 1-3 + SAMPUL DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (635kB)

Abstract

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan kesepakatan politik para pendiri negara (founding fathers) ketika negara Indonesia didirikan. Namun dalam perjalanan panjang kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila sering mengalami berbagai deviasi dalam aktualisasi nilai-nilainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pengamalan nilai-nilai pancasila terhadap pembentukan kepribadian siswa SDN Mergoasri Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dilaksanakan di SDN Mergoasri Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Penelitian ini dapat digolongkan kedalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sugiyono dalam bukunya menyatakan bahwa metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum memasuki lapangan, selama dan setelah selesai di lapangan. Analisis data lebih difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Aktifitas analisis data menurut Miles dan Huberman dalam Sugiyono yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing / veryfication. Pertama, Pembelajaran nilai-nilai Pancasila dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SDN Mergoasri sudah optimal dilakukan. Proses pembelajaran nilai-nilai Pancasila dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas guru Pendidikan Kewarganegaraan telah berusaha menggunakan berbagai model pengajaran. Secara umum berbagai model pengajaran yang digunakan antara lain: pengajaran langsung yaitu pada dasarnya adalah pengajaran ekspositori. Dengan metode pengajaran langsung nilai-nilai yang secara sosial diterima, ditanamkan secara langsung sebagai landasan/dasar aturan atau standar perilaku yang dapat diterima. Pelibatan siswa yaitu menekankan pada penyediaan kesempatan untuk mempertimbangkan nilai-nilai, merefleksikan dan mempelajarinya, biasanya adalah guru dan kurikulum. Pedagogi kritis yaitu pendekatan yang menyandarkan pada sederet strategi yang mengambil sebuah sudut pandang kritis terhadap nilai-nilai sosial dan politik termasuk beberapa pendekatan seperti diskusi kelas, diskusi kelompok, dan lain sebagainya. vi Kedua, dalam membelajarkan nilai-nilai Pancasila dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas pada kenyataannya masih menghadapi berbagai hambatan baik dari guru, siswa maupun pihak sekolah. Berkitan dengan faktor lingkungan, keterbatasan waktu pembelajaran, keterbatasan media pembelajaran, dan iklim kelas yang tidak kondusif dada saat pembelajaran berlangsung. Ketiga, Upaya yang dilakukan guru untuk menangani hambatan-hambatan yang dihadapi, guru berusaha melakukan pendekatan dengan siswa dan memberikan keteladanan kepada semua warga sekolah. Memanfaatkan waktu seoptimal mungkin agar tujuan pembelajaran tercapai. Berkaitan dengan keterbatasan media mengganti media lain agar pelaksanaan pembelajaran tetap berjalan dengan optimal. Menciptakan iklim kelas yang kondusif dan melakukan interaksi yang baik dengan siswa. Pihak guru dalam membelajarkan nilai-nilai Pancasila dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan hendaknya mempersipkan diri, selain mencari informasi dari berbagai sumber referensi, buku dan media. Guru juga harus berusaha untuk membuat rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi siswa dan kelas serta kurikulum yang berlaku. Kata Kunci : Implementasi Pengamalan Nilai – Nilai Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pancasila, Implementasi nilai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:49
Last Modified: 25 Feb 2020 02:49
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item