PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VII SMP IT NURUL ISLAM KREMBUNG SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019

SUDIHAM, AHMAD (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VII SMP IT NURUL ISLAM KREMBUNG SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB 123 PDF.pdf

Download (533kB)

Abstract

Ahmad Sudiham.2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Kelas VII Smp It Nurul Islam Krembung Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019.Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Dr. Ahmad Hariadi, M.Pd., (II) Rika Pristian Fitri Astuti, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci:Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar Pkn Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas program pembelajaran dan kurang efektifnya pembelajaran yang ada di SMP IT Nurul Islam Krembung Sidoarjo. Sering kali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang monoton yang dilakukan lakukan di sekolah tersebut, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi menurun. Dalam pembelajaran PKn ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Pembelajaran menggunakan Group Investigation ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar menjadi efektif, kreatif, dan membutuhkan daya kreativitas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian ini terdapat empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan: obsevasi, wawncara, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Wawancara digunakan untuk mengetahui mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk foto. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi “Keragaman Masyarakat Indonesia Dalam Bhineka Tunggal Ika”. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar peserta didik pada tes siklus I yaitu sebesar 47,62 % yang sebelumnya pada pelaksanaan pre tes hanya sebesar 19,05% dan selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP IT Nurul Islam Krembung Sidoarjo. Ahmad Sudiham.2019. Application of Cooperative Learning Model Type Group Investigation (GI) to Improve Student Learning Outcomes in Learning PNN in Class VII Junior High School It Nurul Islam Krembung Sidoarjo Academic Year 2018/2019. Thesis, Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences Education, IKIP PGRI Bojonegoro, Supervisor (1) Dr. Ahmad Hariadi, M.Pd., (II) Rika Pristian Fitri Astuti, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT Keywords: Group Investigation Learning Model, Learning Outcomes Pkn The research in this thesis was motivated by the low quality of learning programs and the lack of effective learning in SMP IT Nurul Islam Krembung Sidoarjo. Often it is caused by a monotonous learning system that is carried out in the school, so that it can cause student learning outcomes to decline. In Civics learning there are several learning models that can be used by teachers to improve student learning outcomes. One of them is by using a cooperative learning model type Group Investigation. Learning using the Group Investigation is expected to motivate students and make learning activities effective, creative, and requires creativity. This study uses classroom action research (PTK). In the PTK this research phase has four stages, namely: planning, implementing actions, observing and reflecting to determine the improvement at the time of action, and after the action is taken. In this study using two cycles of action. In this study, data collection techniques used: observation, interviews, tests, and documentation. Observation is used to observe the learning process. The test is used to determine the level of understanding of students after using the Cooperative Type Group Investigation learning model. The interview was used to determine the students' responses to learning with the Group Investigation learning model. Documentation is used to collect data by looking at available reports including photos. From the results of the study showed that Civics learning by using cooperative learning models Group Investigation Type can improve student learning outcomes in the material "Diversity of Indonesian Society in Unity in Diversity". This is indicated by the learning outcomes of students on the first cycle of the test that is equal to 47.62% which previously in the implementation of the pre test only amounted to 19.05% and then in the second cycle increased to 85.71% Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that Civics learning using cooperative learning model type group investigation can improve the learning outcomes of class VII students of SMP IT Nurul Islam Krembung Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar Pkn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:05
Last Modified: 25 Feb 2020 03:05
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item