IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PELAJARAN PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP AL MUHAMMAD CEPU

AMINAH, MURNIATI SITI (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PELAJARAN PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP AL MUHAMMAD CEPU. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB 1-3 SAMPUL PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (760kB)

Abstract

Abstrak Aminah, M.S. 2019.Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Mata Pelajaran PPKn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Al Muhammad Cepu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan , Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Drs. Heru Ismaya. M.H, (II) Neneng Rika J.K., S.Pd., M.H. Kata kunci: nilai-nilai pancasila, ppkn, karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya untuk menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Problem diera sekarang ini adalah mulai lunturnya nilai-nilai luhur yaitu nilai Pancasila dikalangan pelajar dan belum maksimalnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Permasalahan tersebut dikhawatirkan generasi muda bangsa Indonesia khususnya pelajar lupa akan jati diri bangsanya sendiri yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Sarana didalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila itu dapat dilakukan melalui pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) yang menjadi pendidikan nilai bagi bangsa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa kelas VIII. Kedua belassubjek tersebut diberikan pertanyaan wawancara, kemudian dipilih masing – masing dari perwakilan yang telah memenuhi kriteria yaitu 3 siswa untuk diwawancarai. Sehingga terdapat 3 siswa yang menjadi subjek wawancara. Untuk memastikan kevalidan data, peneliti menganalisis data dengan dua cara yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan ada kaitan nilai pancasila terhadap pembentukan karakter siswa. ABSTRACT Aminah, M.S. 2019. Implementation of Pancasila Values Through PPKn Subjects on Character Building for Class VIII Students at Al Muhammad Cepu Middle School. Thesis, Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, IKIP PGRI Bojonegoro, Supervisor (I) Drs. Heru Ismaya. M.H, (II) Neneng Rika J.K., S.Pd., M.H. Keywords: Pancasila values, PPKN, characters This research is motivated by the efforts to strengthen the values of Pancasila in everyday life. The problem now is the beginning of the decline in values of the Pancasila values among students and the inadequate implementation of the values of Pancasila in the life of the nation and state. The problem is feared that the younger generation of Indonesian people, especially students, will forget the identity of their own people who uphold the values of Pancasila. Means in implementing Pancasila values can be done through Pancasila education and citizenship (PPKn) which become educational values for the Indonesian people. The method used in this study is a qualitative research method. The subjects in this study were 12 students of class VIII. The two subjects were given interview questions, then each representative was selected who met the criteria of 3 student’s to be interviewed. So there are 4 student’s who are the subject of the interview. To ensure the validity of the data, researchers analyzed the data in two ways: triangulation of data sources and triangulation of methods. The results showed that there was a correlation between the value of Pancasila and the formation of student’s character.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pancasila values, PPKN, characters
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:53
Last Modified: 25 Feb 2020 03:53
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item