Novi Mayasari, Maya (2017) BEBAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN PERSAMAAN DIFFERENSIAL DENGAN KOEFISIEN LINIER DI IKIP PGRI BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Silogisme, 2 (1). pp. 1-7. ISSN 2527-6182
Text
507-2183-1-PB.pdf Download (363kB) |
Abstract
Pada saat seseorang melakukan aktivitas belajar, besar kecilnya beban kognitip yang diterima akan mempengaruhi seseorang dalam memahami suatu informasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif yang dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beban kognitif mahasiswa dalam pembelajaran materi persamaaan differensial dengan koefisisen linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beban kognitip intrinsic yang muncul disebabkan yang pertama oleh beberapa jumlah element interaktivitas yang meliputi materi prasyarat (Kalkulus II), Persamaaan differensial terpisah, serta Persamaan differensial homogen, dan persamaan differensial dengan koefisien linier. Kedua adalah kompleksitas/kerumitan dalam menyelesaiaan soal persamaan differensial dengan koefisien linier karena dalam menyelesaikan persamaan tersebut mahasiswa harus hafal bentuk umum persamaan dan paham cara menyelesaiakan karena ada 3 ciri/syarat dalam menyelesaikan soal tersebut. Beban kognitip extraneous yang muncul dalam pembelajaran materi persamaan differensial dengan koefisien linier disebabkan oleh instruksional yang berhubungan dengan cara pengucapan, penguasaan materi, penguasaan situasi dari dosen. Dan beban kognitip germane yang muncul dalam pembelajaran persamaan differensial dengan koefisien linier tercemin dari ketertarikan dari mahasiswa karena mampu menguasai teknik penguasaaan rumus integral dalam menyelesaikan dan mengerjakan latihan soal yang diberikan dalam pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username novimaya |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 08:15 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 08:15 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/456 |
Actions (login required)
View Item |