PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMUNIKASI JARINGAN SMK 5 MUHAMMADIYAH KALITIDU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KHILMIYAH, KHOLISATUN (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMUNIKASI JARINGAN SMK 5 MUHAMMADIYAH KALITIDU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. COVER-bab 1-3 dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (951kB)

Abstract

Abstrak Khilmiyah, Kholisatul. 2019. Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Negoisasi dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas X TKJ SMK 5 Muhammadiyah Kalitidu Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, pembimbing (I) M. Sholehuddin, M. Pd. (II) Joko Setiyono, M.Pd. Kata Kunci: ketrampilan Menulis, Teks Negoisasi, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ketrampilan kemampuan menulis teks negosisasi dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X SMK 5 muhammadiyah kalitidu semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X Teknik Komunikasi Jaringan SMK 5 muhammadiyah Kalitidu yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil pengamatan diperoleh melalui tes, pengamatan, analisis dokumen, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi foto, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada proses pelaksanaan pembelajaran, yang terjadi pada beberapa aspek, seperti pada aspek keaktifan siswa, keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran, interaksi siswa dalam berkelompok, dan perhatian siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan secara produk dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai menulis teks negosiasi siswa. Pada siklus I nilai rata-rata menulis siswa 68.37, dan pada siklus II meningkat sebesar 9.45% menjadi 78.20. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan nilai menulis teks negosiasi siswa kelas X Teknik Komunikasi Jaringan SMK 5 mumamadiyah Kalitidu tahun Pelajaran2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: WRITING SKILLS, NEGOTIATION TEXT, PROBLEM BASED LEARNING STRATEGIES
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Mrs Anita xx
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:33
Last Modified: 25 Feb 2020 04:33
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item