PENGARUH PENGUASAAN KONSEP TEOREMA PHYTAGORAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP EMPAT LIMA 2 KEDUNGPRING–LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ASTUTI, SISKA PUTRI (2019) PENGARUH PENGUASAAN KONSEP TEOREMA PHYTAGORAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP EMPAT LIMA 2 KEDUNGPRING–LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
SSAMPUL+LEMBAR PENGESAHAN+BAB 1-3-converted-min.pdf

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK Astuti, Siska Putri. 2019. Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Phytagoras Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Empat Lima 2 Kedungpring–Lamongan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Drs. Sujiran, M.Pd., (2) Dian Ratna Puspananda, M.Pd.. Kata Kunci: Penguasaan Konsep Teorema Phytagoras, Prestasi Belajar Matematika Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan konsep teorema Phytagoras terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan garis singgung lingkaran siswa kelas VIII semester genap SMP Empat Lima 2 Kedungpring-Lamongan tahun pelajaran 2018/2019. Dalam mempelajari materi garis singgung lingkaran, siswa membutuhkan materi dasar yang dapat menopang dan memudahkan siswa untuk memahami materi tersebut. Teorema Pythagoras merupakan salah satu materi dasar yang sangat erat kaitannya dengan materi garis singgung lingkaran. Sehingga prestasi belajar siswa pada pokok bahasan garis singgung lingkaran akan sangat dipengaruhi oleh penguasaan konsep teorema Pythagoras. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Empat Lima 2 Kedungpring-Lamongan. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yang kemudian diperoleh kelas VIII A sebagai sampel penelitian. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu penguasaan konsep teorema Pythagoras sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan garis singgung lingkaran sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep teorema Pythagoras kelas eksperimen SMP Empat Lima 2 Kedungpring-Lamongan nilai rata-rata sebesar 87,045. Sedangkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan garis singgung lingkaran nilai rata-rata 84,227. Terdapat pengaruh positif secara signifikan antara penguasaan konsep teorema Pythagoras terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan garis singgung lingkaran dengan perolehan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:28
Last Modified: 23 Jun 2020 03:28
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item