PEMBELAJARAN BERBASIS PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH (JUCAMA) PADA MATAKULIAH PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHAMAHASISWA

Novianti, Dwi Erna PEMBELAJARAN BERBASIS PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH (JUCAMA) PADA MATAKULIAH PROGRAM LINEAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHAMAHASISWA. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (1 stSENATIK). pp. 149-154.

[img] Text
prosiding Senatik.pdf

Download (172kB)
Official URL: http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/SENATIK201...

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Bojonegoro pada matakuliah Program Linear dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Kreativitas merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika dan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah melalui pembelajaran matematika yang berbasis pengajuan dan pemecahan masalah atau yang disingkat sebagai model JUCAMA. Pada penelitian ini, pembelajaran matematika yang yang diterapkan adalah pembelajaran berbasis pemecahan dan pengajuan masalah pada matakuliah Program Linear dengan materi 1)Pola umum Pemrograman Linear, 2)Menyelesaikan permasalahan Pemrograman Linear dengan metode Grafik, dan 3)Menyelesaikan permasalahan Pemrograman Linear dengan metode Subtitusi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini akan menggunakan dokumentasi, angket, tes berpikir kreatif dan tes hasil belajar. Untuk tes berpikir kreatif, digunakan rubrik penilaian berpikir kreatif. Dari hasil penelitian diperoleh berdasarkan kriteria pencapaian efektifitas pembelajaran matematika dengan model JUCAMA yang telah ditetapkan peneliti, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika model JUCAMA efektif untuk mengajarkan matakuliah Program Linear dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif yang mangalami peningkatan. Selain itu aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran dan respons mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran JUCAMA ini juga cukup baik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dwi Erna Novianti
Date Deposited: 24 Jun 2020 07:25
Last Modified: 24 Jun 2020 07:25
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item