HERLAMBANG, MOH. SEPTA (2019) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SYAIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR STUDY PADA SISWA KELAS. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
2. COVER+PENGESAHAN+BAB1-3-min.pdf Download (417kB) |
Abstract
ABSTRAK Herlambang, Moh. Septa. 2019. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Lama (Syair) dengan menggunakan metode outdoor study pada siswa kelas VII-B MTS Islamiyah Temayang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). Drs. Syahrul Udin, M.Pd. Pembimbing (II). Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd. Kata kunci : metode pembelajaran outdoor study, menulis puisi lama (syair) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah peningkatan proses serta peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII-B MTS Islamiyah Temayang dengan menggunakan model pembelajaran outdoor study tahun pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian tindakan kelas, yang meliputi tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisi refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI-B MTS Islamiyah Temayang. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran, minat, sikap siswa dan peningkatan keterampilan menulis syair dengan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study). Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis puisi, sedangkan teknik nontes berupa pengamatan, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitati. Penyajian data dilakukan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian ini meningkatkan (1) pelaksanaan pembelajaran menulis syair dengan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) dilakukan mulai dari siklus I, siklus II dan masing-masing siklus sama, meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan analisi refleksi, (2) minat dan sikap siswa dalam pembelajaran menulis puisi menjadi lebih baik, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap sikap belajar siswa jumlah skor ratarata prasiklus sebesar 18,75%, siklus I sebesar 52,63%, dan siklus II sebesar 84,21% dengan menggunakan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study), (3) pembelajaran menulis syair dengan metode pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) dapat meningkatkan keterampilan menulis syair pada siswa kelas VII-B MTs Islamiyah Temayang. Nilai siswa dikatakan tuntas apabila sudah mencapai KKM. Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan di MTs Islamiyah Temayang untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 70. Dari peningkatan hasil penelitian dapat disimpulkan proses pembelajaran serta prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII-B MTS Islamiyah Temayang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor study.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 09:10 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 09:10 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/498 |
Actions (login required)
View Item |