PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTs AL-MA’RUF KARTAYUDA KEDUNGTUBAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

BARID, ARIN BAROROH (2019) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII MTs AL-MA’RUF KARTAYUDA KEDUNGTUBAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. file bab 123+sampul dan pengesahan-min.pdf

Download (454kB)

Abstract

ABSTRAK Barid, Arin Baroroh. 2019. Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Tipe Make A Match Pada Materi Segiempat Kelas VII MTs Al-Ma’ruf Kartayuda Kedungtuban Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Ari Indriani, M.Pd. (2) Novi Mayasari, M.Pd. Kata Kunci : Prestasi Belajar, NHT, Make A Match. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Make a Match pada materi segiempat kelas VII MTs Al-Ma’ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparasi. Desain penelitian yang digunakan The Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII berjumlah 96 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VII B berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan kelas VII C berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah soal tes prestasi belajar yang terdiri dari 8 soal uraian yang sebelumnya terdiri dari 10 soal uraian yang diuji dengan validitas isi, validitas konsistensi internal, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data atau pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik dengan uji t dengan rumus Separated Varians dan dilakukan analisis uji prasyarat diantaranya adalah uji normalitas dengan metode Lilliefors, dan uji homogenitas dengan metode Bartlett, serta uji keseimbangan dengan uji t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan prestasi belajar matematika siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Make A Match diperoleh thitung = 5,5174 > ttabel = 2,2971 dengan tingkat signifikansi 5%, sehingga thitung  DK dan keputusan ujinya H0 ditolak, maka Hasil penelitian ini adalah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Make a Match pada materi segiempat kelas VII MTs Al- Ma’ruf Kartayuda Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 24 Jun 2020 09:30
Last Modified: 24 Jun 2020 09:30
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item