ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN SPLDV (SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL)

Anita Dewi Utami, ADU (2012) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN SPLDV (SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL). Diploma thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text (SKRIPSI)
skripsi upload.pdf - Other

Download (821kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1.) Untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan siswa kelas 8 SMP N 5 Cepu dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan SPLDV, (2.) untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian mengenai status saat penelitian dari subyek yang sedang dipelajari. Bersifat kualitatif karena data yang dinalisis berupa data kualitatif yaitu berupa kesalahan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode wawancara. Tes yang diberikan adalah tes uraian yaitu soal cerita pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Tes dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cepu tahun ajaran 2011/2012, dengan siswa yang mengikuti tes sebanyak 33 siswa. Pelaksanaan tes terhadap 33 siswa ini digunakan untuk mendapatkan informasi data yang akan digunakan unuk mengetahui bentuk kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan untuk mencari faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Penentuan subyek penelitian sebanyak 6 siswa dengan pertimbangan dipilihnya keenam siswa antara lain kesalahan yang dilakukan mewakili secara umum dilakukan oleh siswa lain, kesalahan yang dilakukan bervariasi, kesalahan yang dilakukan menarik untuk diteliti. Metode analisis data yang dilakukan adalah dengan menganalisis jawaban siswa dan hasil wawancara dengan guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis data 6 siswa yang menjadi subyek penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel dapat dikelompokan menjadi 5 tipe kesalahan beserta penyebabnya, yaitu: 1. Kesalahan pada bentuk prasarat dasar konsep aljabar, baik SPLSV, SPLDV maupun perhitungan aljabar biasa, dengan penyebab kuranganya pemahaman siswa terhadap konsep dasar aljabar, 2. Kesalahan pada bentuk ketelitian dalam menyelesaikan soal, dengan penyebab siswa tergesa – gesa dalam mengerjakan tes sehingga menimbulkan ketidaktelitian, 3. Kesalahan pada bentuk kelengkapan memberi informasi suatu permasalahan dan solusinya, baik menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan serta penyusunan kesimpulan jawaban, dengan penyebab kurang menguasai penyelesaian SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel), 4. Kesalahan pada bentuk penyusunan model matematika dari soal cerita, dengan penyebab kurangnya latihan soal, 5. Kesalahan pada bentuk proses menerjemahkan kalimat sehari – hari dalam klimat matematika, dengan penyebab kurangnya pemahaman siswa terhadap perintah soal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username anitadewi
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:30
Last Modified: 29 Jun 2020 02:30
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item