UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI MELALUI MEDIA IKLAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 CEPU TAHUN AJARAN 2018-2019

JANAH, WIWID MIFTAKHUL (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI MELALUI MEDIA IKLAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 CEPU TAHUN AJARAN 2018-2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. SAMPUL, LEMBAR PENGESAHAN, BAB 1-3-min.pdf

Download (426kB)

Abstract

Abstrak Janah, Miftakhul Wiwid. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Meulis Pragraf Persuasi Melaui Media Iklan Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Cepu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Nur Alfin Hidayati, M.Pd., (II) Sutrimah, M.Pd. Kata kunci: menulis, paragraf persuasi, media iklan audio visual. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan 1) untuk mengetahui kemampuan menulis sebuah paragraf persuasi, 2) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengungkapkan informasi yang tertuang dalam iklan audio visual dan 3) untuk mendiskripsikan kemampuan siswa dalam menulis paragraf persuasi berdasarkan media iklan audio visual. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Cepu. Prosedur pengumpulan data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil observasi dan dokumentasi selama proses penelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis, dan aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan media iklan audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf persuasi, serta dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hasil dari observasi menunjukkan bahwa kemampuan menulis paragraf persuasi menggunakan media iklan audio visual pembelajaran dapat dilihat dari berbagai aspek yang menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:45
Last Modified: 25 Jun 2020 02:45
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item