PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (THINK,TALK,WRITE) TTW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SEMESTER II PADA POKOK PEMBAHASAN KUBUS DAN BALOK Di MTs TARBIYATUL ISLAM SOKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SHOLEKAH, AYU (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (THINK,TALK,WRITE) TTW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SEMESTER II PADA POKOK PEMBAHASAN KUBUS DAN BALOK Di MTs TARBIYATUL ISLAM SOKO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. PROPOSAL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sholekah, Ayu. 2019. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhapap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban pada sub pokok bahasan balok dan kubus tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Ari Andriani, M.Pd. (II) Novi Mayasari, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban pada sub pokok bahasan balok dan kubus tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Tarbiyatul Islam Soko kelas VIII semester II tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah cluster random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII B dengan jumlah tiap kelas 30 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII A dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan soal. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai UAS semester genap siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islam Soko Tuban tahun pelajaran 2018/2019. Metode tes yang digunakan berupa soal essay sebanyak 10 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan rumus product moment, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) sebagai variabel bebas dan kemampuan pemecahan masalah siswa sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus separeted varians. vii Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Sabilul Muttaqin Margoagung didapatkan harga t hitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 2,733. taraf signifikan α = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 2,301. Didapatkan hasil bahwa thitung bukan anggota DK atau harga thitung > 2,301, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada sub pokok bahasan balok dan kubus kelas VIII semester II MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberjo tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mrs Wiwin ikip
Date Deposited: 25 Feb 2020 07:29
Last Modified: 25 Feb 2020 07:29
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item