”PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2018/2019’’

WULANSARI, DESI (2019) ”PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 3 KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2018/2019’’. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Desi Wulansari Baru.pdf

Download (748kB)

Abstract

ABSTRAK Wulansari,Desi. 2019 “ Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa Kelas X DI Sekolah Menegah Atas Muhammadiyah 3 Kedungadem Tahun Pelajaran 2018/2019” . Kata kunci : Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PengaruhKedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto yang bersifat korelasional sebab akibat dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hal yang diteliti dalam penelitian ini adalah tingkat Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket ini digunakan untuk mengetahui nilai signifikan hasil kedisiplinan belajar dan motivasi belajar. Data dianalis secara regresi berganda untuk mencari uji validitas, uji Normalitas dan uji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar dengan thitung sebesar 6.819 dan signifikansi sebesar 0,000; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan thitung sebesar 5.158 dan signifikansi sebesar 0,001; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan Fhitung sebesar 41,474 dan signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka kedisiplinan belajar dan motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X Sekolah Menegah Atas Muhammadiyah 3 Kedungadem Kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 25 Jun 2020 08:36
Last Modified: 29 Jun 2020 08:05
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item