IZA, MUHAMAD KHOIRUL (2019) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 KEDUNGADEM. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Muhamad Khoirul Iza.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Iza, Muhamad Khoirul, 2019. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Strata Sarjana, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) M. Zainudin, M.Pd. (II) Ali Mujahidin, S.Pd., M.M. Kata-kata kunci: Disiplin Belajar, Kecerdasan Emosional , Prestsi Belajar Ekonomi di SMA Muhammadiyah 3 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disiplin belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi siswa di SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI IIS, dan XII IIS SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, lembar angket/kuisoner . Dalam penelitian ini ada empat tahapan analisis data, antara lain: uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, dan uji regresi linier ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh yang positif dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siawa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem tahun ajaran 2018/2019. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi siawa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem tahun ajaran 2018/2019. (3) Terdapat pengaruh yang positif disiplin belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi siawa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem tahun ajaran 2018/2019. (4) Secara bersama-sama variabel disiplin belajar dan kecerdasan emosional mempunyai sumbangan efektif terhadap Prestasi Belajar ekonomi sebesar 83,7%, Sedangkan sisanya sebesar 16,3% dipengaruhi oleh variabel lain selain disiplin belajar dan kecerdasan emosional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 03:15 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 08:13 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/565 |
Actions (login required)
View Item |