PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM WRITING PADA KELAS VIII MTS AR-RAUDLOH SIDODADI KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2018/2019

PUSPITA, LELI DARA (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM WRITING PADA KELAS VIII MTS AR-RAUDLOH SIDODADI KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Leli Dara Puspita.pdf

Download (639kB)

Abstract

ABSTRAK Dara Puspita, Leli. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Quantum Writing Pada Kelas VIII MTs AR-Raudloh Sidodadi Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro. Kata Kunci : Menulis Puisi, Metode Quantum Writing Kegiatan menulis perlu diajarkan sejak dini, yakni mulai dari anak mengenal huruf. Jadikanlah kegiatan menulis sebagai suatu keharusan dan menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa. Menulis dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asal ada keinginan, semangat, dan motivasi. Jika hal ini terwujud, diharapkan menulis dapat menjadi bagian dari kehidupan yang tidak dapat dipisahkan. khususnya untuk menulis puisi yang dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs Ar-Raudloh Sidodadi Sukosewu Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: 1). Proses pembelajaran menulis puisi menggunakan metode quantum writing pada siswa kelas VIII MTs Ar-Raudloh Sidodadi Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. 2) Penggunaan metode quantum writing dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Ar-Raudloh Sidodadi Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. 3) Peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan metode quantum writing pada siswa kelas VIII MTs Ar-Raudloh Sidodadi Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Quantum writing. Cara cepat dan bermanfaat untuk merangsang munculnya potensi menulis dengan bantuan obyek atau gambar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga kesimpulan yaitu: 1) Proses pembelajaran menulis puisi terdiri dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi: a. tahap perencanaan dan persiapan tindakan, b.tahap pelaksanaan tindakan, c. tahapan pengamatan (observasi), d. tahap analisis dan refleksi. 2). Dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kels VIII MTs Ar-Raudloh. 3). Quantum Writing telah meningkatan kemampuan siawa dalam menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Ar-Rudloh Sukosewu Bojonegoro mulai dari keadaan awal, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata yang dicapai siswa kelas VIII MTs Ar-Raudloh Sidodadi kecamatan Sukosewu Bojonegoro dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode quantum writing meningkat dari 58,8% menjadi 69,7%. Hal tersebut berarti terjadi kenaikan lagi. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,1%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Jun 2020 03:53
Last Modified: 29 Jun 2020 08:39
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item