PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 1 KUNDURAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MARFU'AH, SITI (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 1 KUNDURAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
sITI mARFUAH.pdf

Download (395kB)

Abstract

ABSTRAK SitiMarfu’ah,2019.Peningkatan Keterampilan Menulis Fabel Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 1 Kunduran Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I) Drs. Syahrul Udin, M.Pd., dan Pembimbing (II) Dr. Masnuatul Hawa, M.Pd.. Kata Kunci: Keterampilan menulis, fabel , menggunakan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan aktivitas guru dalam proses pembelajaran, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, dan (3) meningkatkan kemampuan membaca cepat teks fabel pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kunduran melalui media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan media gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis fabel yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Tindakan penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan Siklus II. Pengamatan dilakukan oleh mahasiswa peneliti dan didokumentasikan dalam catatan lapangan. Pada tahap refleksi, mahasiswa peneliti bersama guru kolabolator berusaha memahami proses, masalah dan tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kunduran. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya (1) Peningkatan keterampilan menulis fabel dengan menggunakan media gambar. (2) Peningkatan perubahan tingkah laku siswa kearah yang positif setelah dilakukan pembelajaran peningkatan keterampilan menulis fabel dengan menggunakan media gambar. (3) Hasil nilai skor hitung peningkatan keterampilan siswa dalam menulis fabel dengan menggunakan media gambar pada prasiklus sebesar 1625 meningkat pada siklus I sebesar 2325 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 2585. Hasil peningkatan rata-rata keterampilan menulis fabel pada prasiklus ke siklus I sebesar 50.78, pada siklus I sebesar 72.65, sedangkan siklus II sebesar 80.09 pada siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Kunduran Blora pada Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:19
Last Modified: 29 Jun 2020 04:21
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item