ANALISIS KONFLIK TOKOH UTAMA NOVEL SANG NYAI 3 KARYA BUDI SARDJONO DAN HUBUNGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ROFIAH, DENY SULISTYO (2019) ANALISIS KONFLIK TOKOH UTAMA NOVEL SANG NYAI 3 KARYA BUDI SARDJONO DAN HUBUNGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
Cover+LembarPengesahan+BabI-3-min.pdf

Download (257kB)

Abstract

ABSTRAK Rofiah, Deny Sulistiyo, 2019. “Analisis Konflik Tokoh Utama dalam Novel Sang Nyai 3 karya Budi Sardjono dan Hubungannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Dra. Fathia Rosyida, M. Pd. (II) Abdul Ghoni Asror, M. Pd. Kata Kunci: : Konflik tokoh utama, pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan dan menjelaskan konflik tokoh utama yang ada dalam novel Sang Nyai 3 karya Budi Sardjono. (2) mendeskripsikan dan menjelaskan konflik tokoh utama dalam novel Sang Nyai 3 karya Budi Sardjono dan hubungannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari novel Sang Nyai 3 karya Budi Sardjono. Novel yang digunakan adalah novel cetakan pertama, April 2018 diterbitkan oleh DIVA Press, Yogyakarta dengan tebal novel 336 halaman. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan membaca novel Sang Nyai 3 karya Budi Sardjono berulang kali. Dalam penelitian ini ada empat tahapan analisis data, antara lain: Reduksi data, pemaparan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Konflik tokoh utama dalam novel Sang Nyai 3 karya Budi Sardjono terdapat 2 konflik antara lain konflik internal dan konflik eksternal. Konflik eksternal terbagi menjadi 2 bagian antara lain konflik fisik dan konflik sosial. Sedangkan konflik internal terbagi menjadi 4 bagian antara lain konflik mendekat-mendekat, konflik mendekat-menjauh, konflik menjauh-menjauh, konflik mendekat-menjauh ganda. Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA ini menggunakan kurikulum 2013. Tingkat relevansi ini dapat dilihat dari KI dan KD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Jun 2020 09:17
Last Modified: 26 Jun 2020 09:17
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item