EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA KELAS X SEMESTER II SMK NEGERI TEMAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018

NURUL AFIFAH, NA (2018) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA KELAS X SEMESTER II SMK NEGERI TEMAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018. -, - (-). ISSN - (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI NURUL AFIFAH.pdf

Download (371kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui manakah yang mengprestasikan prestasi belajar matematika yang lebih baik siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) atau Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan dimensi tiga semester genap siswa kelas X SMK Negeri Temayang Tahun pelajaran 2017/2018 (2) Untuk mengetahui manakah yang mengprestasikan prestasi belajar matematika yang lebih baik diantara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang atau rendah. (3) Untuk mengetahui pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang atau rendah. (4) Untuk mengetahui pada masing-masing tingkatan kemandirian belajar (tinggi, sedang, dan rendah), manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Walk (TTW) atau Think Pair Share (TPS).Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes.Teknik analisis data pada yang digunakan pada penelitian ini adalah Anava dua jalan dengan sel tak sama.Hasilpenelitian menunjukkan 1) Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat mengprestasikan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write 2) Kemandirian belajar tinggi dapat menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada kemandirian belajar siswa yang sedang, kemandirian belajar tinggi dapat mengprestasikan prestasi belajar yang lebih baik daripada kemandirian belajar siswa yang rendah, dan kemandirian belajar sedang dapat mengprestasikan prestasi belajar yang lebih baik daripada kemandirian belajar siswa yang rendah 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Terdapat dua kelas yang dijadikan sebagai sampel, yaitu kelas TKJ1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas TKJ 2 sebanyak 27 siswa sebagai kelaskontrol.Dilakukanperbedaanperlakuanpadasampel, yaitukelaseksperimendiberiperlakuandenganmodel pembelajarankooperatif tipe Think Talk Writesedangkanpadakelaskontroldilakukandengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username anitadewi
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:32
Last Modified: 29 Jun 2020 02:32
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item