PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK, TALK, WRITE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TTW (THINK, TALK, WRITE) BERBANTU POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SEMESTER GENAP MTs WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL NGASEM

INDAH SUSIANA, IS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW (THINK, TALK, WRITE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TTW (THINK, TALK, WRITE) BERBANTU POWER POINT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SEMESTER GENAP MTs WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL NGASEM. -. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI INDAH S.pdf

Download (414kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji model pembelajaran mana yang memberikan prestasi belajar lebih baik diantara model pembelajaran kooperatif tipe TTW ( Think Talk Write )dengan berbantu powerpoit, model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) atau model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan kubus dan balok kelas VIII semester genap MTs Wasilatul Huda Dukohkidul Ngasem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen), karena penelitian ini tidak memungkinkan untuk mengontrol semua variable yang relevan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling dan penelitian ini menggunakan tiga kelas yaitu kelas kontrol, kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan awal siswa yang diambil dari nilai raport dari hasil Ujian Tengah Semester (UTS) semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 bidang studi matematika siswa kelas VIII MTs Wasilatul Huda Dukohkidul. Sedangkan metode tes dalam penelitian ini yang digunakan untuk mengumpulkan data mengenai prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kubus dan balok setelah dikenai perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW), dan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW) berbantu powerpoint. Tes ini berupa soal-soal yang berkaitan dengan materi kubus dan balok. Pelaksanaan tes prestasi belajar didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 yaitu (x_1 ) ̅=80.167, kelas eksperimen II yaitu (x_2 ) ̅=77.414 dan kelas kontrol yaitu (x_3 ) ̅=67.833. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Wasilatul Huda Dukohkidul didapatkan Harga F hitung pada penghitungan yaitu Fhitung = 10,295. Dengan dkG = 86, dkA= 2 dan α = 5%, didapatkan harga Ftabel adalah sebesar 3,102. Didapatkan hasil bahwa harga Fhitung > Ftabel, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak benar bahwa ketiga model pembelajaran memiliki kualitas yang sama. Sehingga perlu dilakukan uji lanjut pasca anava. Berdasarkan hasil perhitungan uji lanjut pasca anava dengan metode Scheffe’. (1) Model pembelajaran TTW berbantu powerpoint lebih baik daripada model pembelajaran konvensional (2) Model pembelajaran TTW sama kualitasnya dengan model pembelajaran TTW berbantu powerpoint (3) Model pembelajaran TTW lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with username anitadewi
Date Deposited: 29 Jun 2020 02:30
Last Modified: 29 Jun 2020 02:30
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item