PERAN PRAMUKA SEBAGAI SARANA MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DALAM TATA TERTIB SISWA MTs AL MUHAMMAD CEPU

KHOTIMAH, NIKMATUL (2019) PERAN PRAMUKA SEBAGAI SARANA MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DALAM TATA TERTIB SISWA MTs AL MUHAMMAD CEPU. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. cover, lembar pengesahan, BAB 1-3.pdf

Download (891kB)

Abstract

Abstrak Khotimah, N. 2019. Peran Pramuka Sebagai Sarana Membentuk Karakter Disiplin Dalam Tata Tertib Siswa MTs Al Muhammad Cepu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Drs Heru Ismaya, M.H., (II) Neneng Rika J.K, S.Pd., M.H. Kata kunci: pemahaman konsep, PERAN pramuka, Karakter disiplin Suatu domain belajar, pemahaman merupakan prasyaratan mutlak untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Peran Pramuka Sebagai Sarana Membentuk Karakter Disiplin Dalam Tata Tertib Siswa MTs Al Muhammad Cepu merupakan salah satu lembaga penelitian yang bertanggung jawab memberikan berbagai pengetahuan dan keterampilan, serta mengembangkan berbagai nilai dan sikap, baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki Undang-Undang yang mengatur segala yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Salah satunya adalah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal (3) Undang-Undang tersebut menyebutkan bahwa : “ Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara demokratis serta bertanggung jawab “. ( Undang-Undang No. 20 : 2003) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Peran pramuka sebagai sarana membentuk karakter disiplin dalam tata tertib siswa MTs Al Muhammad Cepu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas VII. Dari dua puluh lima subjek tersebut di observasi, kemudian dipilih masing – masing dari perwakilan regu putra dan putri yaitu 2 siswa dan 2 siswi untuk diwawancarai. Sehingga terdapat 4 siswa yang menjadi sample wawancara. Untuk memastikan kevalidan data, peneliti menganalisis data dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pramuka dapat membentuk karakter disiplin dalam tata tertib siswa di MTs Al Muhammad Cepu dengan melihat kurang dan lebihnya hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 08 Jul 2020 08:59
Last Modified: 08 Jul 2020 08:59
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item