ANDAYANI, TRI (2019) PENERAPAN PENDEKATAN ECLECTIC DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS VIII (Studi Kasus di SMP N 1 Tambakrejo). Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
Cover, lembar pengesahan, bab 1-3.pdf Download (693kB) |
Abstract
ABSTRAK Andayani, Tri. 2019. Pendekatan Eclectic dalam pembelajaran PPKn terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas VIII SMPN 1 Tambakrejo. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (1) Drs. Heru Ismaya, M.H , Pembimbing (II) Neneng Rika. J.K, S.Pd, M.H Kata Kunci : Pendekatan Eclectic, karakter disiplin, SMPN 1 Tambakrejo. Dalam kegiatan belajar mengajar perlu adanya pengelolaan kelas yang efektif, salah satu cara pengelolaan kelas yang efektif yaitu dengan pendekatan electic. Karena menggabungkan pendekatan behavior modification, Sosial Emosional –climate approach serta group process approach. Dapat dikatakan bahwa pendekatan electic adalah pendekatan yang sesuai untuk digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran PPKn, karena tujuan utama dari materi PPKn adalah menciptakan karakter peserta didik baik di sekolah maupun di rumah. Dalam hal ini adalah karakter disiplin siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik pendekatan electic dalam pembelajaran PPKn terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas VIII SMPN 1 Tambakrejo Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif kualitatif. Strategi penelitian yaitu tunggal terpancang.Penggumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu instrument manuasia yaitu siswa dan guru PPKn. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisis data di mulai dari tahap penelaahan data, tahap indentifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa praktik pendekatan electic dapat meningkatkan pembentukan karakter disiplin kelas VIII SMPN 1 Tambakrejo. Karena pendekatan eclectic merupakan gabungan dari pendekatan behavior modification, Sosial Emosional –climate approach serta group process approach. Guru lebih mudah dalam menyampaikan materi dan peserta didik menjadi lebih mudah dalam menyerap materi pelajaran yang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran dapat di capai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 09:08 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 09:08 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/623 |
Actions (login required)
View Item |