(Peer Review) Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019

Agus, Darmuki and Ahmad, Hariyadi (2019) (Peer Review) Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMK Kudus, UMK Kudus.

[img] Text
Peer Review Peningkatan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw.pdf

Download (287kB)
Official URL: https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/issue/vie...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan: (1) kualitas proses (keaktifan) pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw pada mahasiswa prodi PBSI tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro dan (2) hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan menerapkan metode kooperatif tipe Jigsaw pada mahasiswa prodi PBSI tingkat I-B IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini subjeknya adalah mahasiswa tingkat I-B berjumlah 40 mahasiswa yang terdiri atas 30 mahasiswa perempuan dan 10 mahasiswa laki-laki dan satu orang dosen pengampu matakuliah keterampilan berbicara. Objek penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berbicara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskripsi komparatif dan analisis interaktif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran berbicara, ditandai dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang mencapai batas ketuntasan, yaitu pada siklus I ada 32 mahasiswa (80 %), pada siklus II ada 38 mahasiswa (95%), dan pada siklus III ada 40 mahasiswa (100%). Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa, proses dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara mahasiswa.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Unnamed user with username agusdarmuki
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:19
Last Modified: 13 Oct 2020 02:19
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item