UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VII MTS. SUNAN AMPEL DS. KUMPULREJO KEC. PARENGAN KAB. TUBAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Kustantia, Heni (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VII MTS. SUNAN AMPEL DS. KUMPULREJO KEC. PARENGAN KAB. TUBAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. BAB 1-3 + Sampul dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (534kB)

Abstract

ABSTRAK Heni Kustatiana, 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Dinas dengan Menggunakan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas VII Mts. Sunan Ampel Desa Kumpulrejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi Program Strata 1 (S1), Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro 2015. Pembimbing (I) Muhamad Solehhudin, S.Pd., M. Pd. Pembimbing (II) Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci : keterampilan menulis, surat dinas, metode inkuiri Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendekripsikan penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan kualitas proses kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VII MTs. Sunan Ampel. (2) mengetahui penerapan metode inkuiri dalam meningkatkan kualitas hasil kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VII MTs. Sunan Ampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas VII MTs. Sunan Ampel. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan tes. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) terdiri dari dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Disetiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I dan Siklus II terdiri dari hasil tes dan non tes. Hasil tes mengacu pada pemerolehan nilai yang dicapai siswa dalam tes kemampuan siswa dalam menulis surat dinas secara individu. Sedangkan hasil non tes mengacu pada pemerolehan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil tersebut dapat dibuktikan yaitu setelah dilakukan tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I sebanyak 75.83%, sedangkan ketuntasan siswa sebanyak 60% atau 6 siswa yang tuntas dan termasuk dalam kategori cukup baik. Namun masih perlu adanya perbaikan pada siklus II karena ketuntasan yang didapat pada siklus I masih kurang. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran pada siklus II, Jumlah nilai keseluruhan pada sikus II sebanyak 841,62, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 84,16. Sedangkan ada 9 siswa yang tuntas atau sebesar 90%. Hal tersebut dapat dikategorikan baik pada tingkat penguasaaan materi menulis surat dinas. Sedangkan bukti kualitatif diperoleh dari hasil kualitas proses pembelajaran yaitu pada siklus I sebagian siswa sudah mulai aktif dalam bertanya atau menyampaikan pendapatnya. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi siklus II, sikap siswa selama pembelajaran siklus II lebih positif dan lebih antusias dibandingkan siklus I. Siswa lebih kritis dan mandiri dalam mengerjakan tugas, siswa lebih memperhatikan penjelasan guru dan lebih bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas menulis surat dinas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, surat dinas, metode inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mrs Anita xx
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:10
Last Modified: 26 Feb 2020 03:10
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item View Item