PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) YANG DIMODIFIKASI DENGAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN DETERMINAN DAN INVERS MATRIK KELAS X APK SEMESTER II SMK PGRI 2 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

DYASTANA, TIA (2015) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) YANG DIMODIFIKASI DENGAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN DETERMINAN DAN INVERS MATRIK KELAS X APK SEMESTER II SMK PGRI 2 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)

[img] Text
Jurnal Penelitian.pdf

Download (382kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X APK SMK PGRI 2 Bojonegoro. Sedangkan untuk menentukan sampel digunakan teknik sampling rondom kluster yaitu sampling random yang dikenakan berturut-turut terhadap unit-unit atau sub-sub populasi. Kluster-kluster yang ada dianggap homogen, dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,0013, sedangkan pada ttabel = 2,000 dengan taraf signifikasi 5% sehingga thitung > ttabel Jadi dari hasil perhitungan statistik tersebut hipotesis dapat diterima.Dengan diterimanya hipotesis tersebut, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yang dimodifikasi dengan Penemuan Terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan determinan dan invers matrik kelas X APK SMK PGRI 2 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2014/2015 Kata kunci : Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang dimodifikasi dengan Penemuan Terbimbing dan hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:02
Last Modified: 08 Oct 2020 03:02
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item