UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA KOMPETENSI DASAR SUMBER EKONOMI YANG LANGKA DAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS X TKR A SMK PGRI 1 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MEGAWATI, SITI (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA KOMPETENSI DASAR SUMBER EKONOMI YANG LANGKA DAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS X TKR A SMK PGRI 1 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)

[img] Text
JURNAL SITI MEGAWATI.pdf

Download (208kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 1 Bojonegoro dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah, tujuan dalam penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi melalui model pembelajaran berbasis masalah, (b) Untuk mengetahui peningkatan nilai hasil belajar ekonomi melalui model pembelajaran berbasis masalah, (c) Untuk mengetahi apakah model pembelajaran berbasis masalah dapat menambah pengalaman guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan proses belajar siswa kelas X TKR A SMK PGRI 1 Bojonegoro. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata dari sebelum siklus 58,24 menjadi 71,49 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 84,05. Dan dari data itu juga dapat diketahui bahwa peningkatan dari sebelum siklus kesiklus I sebesar 13,26% dan terus meningkat menjadi 17,57% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasismasalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK PGRI 1 Bojonegoro. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:12
Last Modified: 13 Oct 2020 03:12
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item