ANALISIS PENOKOHAN DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL DIA ADALAH KAKAKKU KARYA TERE LIYE HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Andarsari, Devi (2019) ANALISIS PENOKOHAN DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL DIA ADALAH KAKAKKU KARYA TERE LIYE HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. BAB 1-3, PENGESAHAN DAN SAMPUL.pdf - Published Version

Download (372kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Devi Andar, 2019. Analisis Penokohan dan Nilai-nilai Pendidikan Novel Dia adalah Kakakku karya Tere Liye dan Hubungannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Strata Sarjana, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (1) Dra. Fathia Rosyida, M.Pd. (II) Abdul Ghoni Asror, M.Pd. Kata-kata kunci: Penokohan, nilai pendidikan , pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan, nilai pendidikan novel Dia adalah Kakakku karya Tere Liye hubungannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penokohan novel Dia adalah Kakakku terdapat 7 penokohan antara lain tokoh utama, tambahan, protagonis, antagonis, statis, berkembang, dan tipikal. Nilai pendidikan ada nilai religius, moral, sosial, dan budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari novel Dia adalah Kakakku. Novel yang digunakan novel cetakan pertama, oktober 2018. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah membaca berulang kali novel Dia adalah Kakakku. Penelitian ini ada tiga tahapan, antara lain: Reduksi data, Pemaparan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Penokohan novel Dia adalah Kakakku terdapat 7 penokohan, Laisa dianggap sebagai tokoh utama. Intan, Bang Jogar, Dokter, Juwita, Delima, Cie Hui, Babak dianggap tokoh tambahan. Dalimunte dan Mamak Lainuri dianggap tokoh protagonis. Ikanuri dianggap tokoh antagonis. Yashinta dianggap tokoh statis. Wibisana dianggap tokoh berkembang. Wak Burhan dianggap tokoh tipikal. (2) Nilai pendidikan ditemukan nilai religi yaitu ibadah, shalat. Nilai pendidikan moral yaitu kerja keras, rela berkorban, dan bertanggung jawab. Nilai pendidikan sosial yaitu gotong royong, tolong menolong. Nilai pendidikan budaya yaitu cerita gunung kendeng. (3) Novel Dia adalah Kakakku karya Tere Liye memilki hubungan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA dapat dilihat pada KD 7.2 yang berbunyi Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/Terjemahan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penokohan, nilai pendidikan , pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PC Romance languages
Depositing User: Mrs Anita xx
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:21
Last Modified: 26 Feb 2020 03:21
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item