Khotimah, Khusnul (2017) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA PRAKERIN PADA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 CEPU TAHUN AJARAN 2016 – 2017. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)
Text
jurnal_saya.pdf Download (159kB) |
Abstract
Abstrak Keberadaan SMK dalam mempersiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil masih perlu ditingkatkan. Belum semua lulusan SMK dapat memenuhi tuntutan lapangan kerja sesuai dengan spesialisasinya. Hal ini karena adanya kesenjangan antara keterampilan yang dimiliki oleh lulusan SMK dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain keterampilan, peserta didik SMK belum sepenuhnya memiliki kesiapan kerja, karena masih banyak lulusan SMK yang masih menganggur. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional, kedisiplinan, dan kompetensi terhadap kinerja prakerin pada kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Cepu.(2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja prakerin pada kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Cepu. (3) Pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja prakerin pada kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Cepu. (4) Pengaruh kompetensi terhadap kinerja prakerin pada kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Cepu. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan dengan menggunakan metode kuesioner dengan skala likert dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji F digunakan untuk mengetahui variabel bebas secara bersmasama mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat. Koefisien determinasi (Adjussted R Square), uji ini bertujuan untuk menentukan proporsi atau presentase total variansi dalam variabel terikat yang diterangkan variabel bebas secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif kecerdasan emosional kedisiplinan dan kompetensi akuntansi terhadap kinerja prakerin dengan nilai sig 0,000 < 0,005 dan nilai Adjusted R Square 0,721. (2) Ada pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kinerja prakerin (3) Ada pengaruh signifikan antara kedisiplinan terhadap kinerja prakerin (4) Ada pengaruh signifikan antara kompetensi akuntansi terhadap kinerja prakerin. Kata kunci : Kecerdasan emosional, kedisiplinan, kompetensi akuntansi, kinerja prakerin, pengaruh.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 14 Oct 2020 09:27 |
Last Modified: | 14 Oct 2020 09:27 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/678 |
Actions (login required)
View Item |