PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS X IPA I SMA NEGERI 2 BLORA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nur Hidayah, Riris (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS X IPA I SMA NEGERI 2 BLORA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
FILE PDF BAB 1-3 + Sampul dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (537kB)

Abstract

Abstrak Hidayah, N. R. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Dan Media Video Pada Siswa Kelas X IPA I SMA Negeri 2 Blora. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Agus Darmuki, M.Pd., (II) Cahyo Hasanudin, M.Pd. Kata kunci: keterampilan menulis puisi, metode quantum learning, media video Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui penerapan metode quantum learning dan media video dapat meningkatkan kualitas proses keterampilan menulis puisi, 2) untuk mengetahui metode quantum learning dan media video dapat meningkatkan kualitas hasil keterampilan menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 2 Blora. Sumber data pada penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis puisi di kelas. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan dan teknik analisis kritis. Teknik analisis deskriptif komparatif digunakan untuk analisis data kuantitatif yaitu dengan membandingkan hasil antar siklus, sedangkan analisis kritis mencakup kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan metode quantum learning dan media video pada materi keterampilan menulis puisi dapat meningkatkan aktivitas siswa dan aktivitas guru serta meningkatkan hasil keterampilan menulis puisi . Dari hasil aktivitas siswa tersebut dapat dilihat dari maisng-masing aspek, aspek pertama pada siklus I 18 siswa (66,6%), aspek kedua 10 siswa (37,0%), aspek ketiga 9 siswa (33,3%), selanjutnya 19 siswa (70,4), aspek kelima 20 siswa (74,0%). Kemudian meningkat pada sikluss II meningkat menjadi 22 siswa (81,5%), 19 siswa (70,4%), 19 siswa (70,4%), 22 siswa (81,5%) dan 22 siswa (81,5%). Hasil aktivitas guru pada tiap siklus, pada siklus I berjumlah 26 dengan kategori cukup, kemudian meningkat pada siklus II berjumlah 34 dengan kategori Baik. Nilai rata-rata dari hasil keterampilan menulis puisi tiap siklus yaitu 4,98 pada tahap prasiklus, pda siklus I sebesar 6,77, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 7,57.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, metode quantum learning, media video
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Mrs Anita xx
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:31
Last Modified: 26 Feb 2020 03:31
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item