Alfan, Aziz Dwi Nur (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP PGRI TONDOMULO. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)
Text
Jurnal TSTS.pdf Download (247kB) |
Abstract
Abstrak: Kegiatan pembelajaran IPS kelas VII di SMP PGRI Tondomulo masih menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dan hanya sedikit siswa yang bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memperoleh skor rendah dan belum memenuhi standar ketuntasan minimum yang ditetapkan oleh sekolah yaitu ≥70. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray (TSTS) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP PGRI Tondomulo. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, tes, dan catatan lapangan,. Analisis data menggunakan presentase skor aktivitas dan hasil belajar aspek kognitif dan aspek afektif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat, pada siklus I rerata nilai kelas sebesar 80,3 dan siklus II rerata nilai kelas sebesar 86,1 dengan 31 siswa yang tuntas belajar pada siklus I dan 36 jumlah siswa keseluruhan yang tuntas belajar pada siklus II. Jika ditunjukkan dengan persen maka peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 13,9%. Hasil belajar siswa ranah afektif juga meningkat sebesar 3.8%, dimana pada siklus I rata-rata sebesar 75,8% dan siklus II mencapai rata-rata 79,8%. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Hasil Belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 03:53 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 03:53 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/681 |
Actions (login required)
View Item |