PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM DERU SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017

Qoiriyah, Aulia Muallimatul (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM DERU SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)

[img] Text
JURNAL Aulia Muallimatul Qoiriyah.pdf

Download (258kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Qoiriyah, Muallimatul A., 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD pada mata pelajaran Ips Ekonomi siswa kelas VIII MTs Darussalam Deru Sumberrejo Bojonegoro 2016/2017. Skripsi JurusanEkonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Dosen Pembimbing : (1) Drs. Sarjono, M.M (2) Ahmad hariyadi, S.Pd, M.Pd Judul di atas terdapat dua variabel. Variabel pertama Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan variabel kedua Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Pembahasan skripsi ini melalui proses Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua putaran (siklus). Untuk membahas permasalahan di atas penulis menempuh dengan dua cara,yaitu secara teoritis dan secara empiris. Secara teoritis penulis menelaah beberapa literatur yang ada hubunganya dengan permasalahan tersebut, sedangkan secara empiris penulis mengadakan penelitian lapangan, yaitu MTs Darussalam Deru Sumberrejo Bojonegoro dengan menggunakan metode observasi, interview, Tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reseach), pembelajaran Kooperative model STAD mempunyai dampak yang baik (hasil yang signifikan) untuk diterapkan pada proses pembelajaran ekonomi khususnya pada kelas VIII MTs Darussalam Deru Sumberrejo Bojonegoro 2016/2017. Hasil ini diperoleh adanya perkembangan dan perubahan setiap siklus dengan Hasil sebagai berikut : Siklus 1, hasil belajar pada pra siklus yang diperoleh dari proses interview guru mata pelajaran Ekonomi sebesar 15%, sedangkan proses observasi hasil belajar pengelolaan guru dalam proses pembelajaran pada tahap awalnya hanya 11siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan hasil ulangan hariansiswa hanya mencapai rata-rata skor 67 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 40%. Siklus II mulai ada perubahan, yaitu pengelolaan guru dalam proses pembelajaran mencapai 29 siswa yang aktif, sedangkan hasil ulangan harian siswa mencapai rata-rata skor 84 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 90%. Karena mencapai di atas 85% maka secara klasikal dapat dikatakan tuntas, sehingga model pembelajaran Koooperatif Model STAD sangat baik untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Ips Ekonomi siswa kelas VIII MTs Darussalam Deru Sumberrejo Bojonegoro 2016/2017. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Model STAD, Prestasi Belajar Ips Ekonomi

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 15 Oct 2020 08:52
Last Modified: 15 Oct 2020 08:52
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item