PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMK DIRGAHAYU KEDUNGADEM TAHUN 2016 / 2017

Istiqomah, Lailatul (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMK DIRGAHAYU KEDUNGADEM TAHUN 2016 / 2017. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (234kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

ABSTRAK Istiqomah, Lailatul. 2017. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMK Dirgahayu Kedungadem Tahun 2016/2017. Skripsi, Jurusan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I).Drs.H. Budi Irawanto, M.pd.Pembimbing (II). Dr.Eka Farida,SE.M,.M.Pd. Kata kunci: Lingkungan sekolah, motivasi belajar, prestasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XSMK Dirgahayu Kedungadem Tahun Ajaran 2016/2017; (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK Dirgahayu Kedungadem Tahun Ajaran 2016/2017; (3)Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK Dirgahayu Kedungadem Tahun Ajaran2016/2017. Penelitian deskriptif ini menggunakan populasi penelitian siswa kelas X Akuntansi 1 yang ada di SMK Dirgahayu Kedungadem Tahun Ajaran 2016/2017 berjumlah 33 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Dirgahayu Kedungadem Bojonegoro. Teknik pengumpulan data tersebut dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket ini digunakan untuk menilai perilaku sosial antar siswa dan seberapa tinggi tingkat motivasi yang dimiliki siswa. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Sedangkan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini adalah 1) ada pengaruhlingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X SMK Dirgahayu Kedungadem, 2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X SMK Dirgahayu Kedungadem, dan 3) ada pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi Kelas X SMK Dirgahayu

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 16 Oct 2020 07:55
Last Modified: 16 Oct 2020 07:55
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/704

Actions (login required)

View Item View Item