RAHMAWATI, SHINTA ULUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 1 PARENGAN. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
2. SAMPUL+PENGESAHAN+BAB1-3.pdf - Published Version Download (977kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmawati, Shinta Ulul. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Matematikan Pada Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Parengan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Drs. Sujiran, M.Pd., (II) Dian Ratna Puspananda, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Prestasi Belajar Matematika. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap prestasi belajar matematika kelas VII SMP Negeri 1 Parengan pada materi segiempat. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Parengan kelas VII semester II tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VII G, VII H. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah cluster random sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII A dengan jumlah tiap kelas 32 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VII B dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan soal. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai UAS semester ganjil siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parengan tahun pelajaran 2018/2019. Metode tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan rumus product moment, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode Lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus separeted varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Parengan didapatkan harga t hitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 6,986. Besar derajat kebebasan ∑dk = 62 dan taraf signifikan α = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 1,998. Didapatkan hasil bahwa thitung anggota DK atau harga thitung > 1,998 atau thitung < 1,998. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran kooperatif talking stick terhadap prestasi belajar matematika pada materi segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Parengan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 03:52 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:52 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/71 |
Actions (login required)
View Item |