NOVIANA, DYAH AYU (2019) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA PADA POKOK BAHASAN TURUNAN FUNGSI KELAS XII TKJ SMK NEGERI TEMAYANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
2. PROPOSAL SKRIPSI.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Noviana, Diah Ayu. 2019. Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Turunan Fungsi Kelas XII TKJ SMK Negeri Temayang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro, Pembimbing (I) Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd. (II) Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata kunci: kesulitan matematika, pemecahan masalah matematika, gaya kognitif Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan pokok bahasan turunan fungsi ditinjau dari gaya kognitif yang dimiliki siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling, diambil dua orang siswa dari kategori field independent (FI) dan dua orang siswa dari kategori field dependent (FD) sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) metode tes dan 2) metode wawancara semi terstruktur yang dilakukan kepada subjek yang telah terpilih. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode yang membandingkan data hasil tes dan wawancara subjek I dan II pada masing-masing kategori gaya kognitif FI dan FD. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada pokok bahasan turunan fungsi ditinjau dari gaya kognitif yang dimiliki siswa adalah a) Siswa kategori gaya kognitif Field Independent mengalami kesulitan konsep, b) Siswa kategori gaya kognitif Field Dependent cenderung mengalami kesulitan fakta, konsep dan prinsip. 2) Penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan turunan fungsi ditinjau dari gaya kognitif yang dimiliki siswa adalah: a) Penyebab dari kesulitan konsep yang dialami siswa dengan kategori gaya kognitif FI adalah dalam penyelesaian siswa menggunakan faktor internal, dimana istilah yang digunakan dituangkan dalam bahasa sendiri namun tidak sesuai dengan aturan. b) Untuk siswa dengan kategori gaya kognitif Field Dependent antara lain: (1) Penyebab dari kesulitan fakta yang dialami siswa yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap soal, (2) Penyebab dari kesulitan konsep yang dialami siswa yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi turunan dan materi pendukung yang digunakan serta kurangnya latihan dan variasi soal yang berkaitan dengan materi turunan, (3) Penyebab kesulitan prinsip yang dialami siswa yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap aturan turunan serta keraguan yang muncul dari diri siswa ketika menjumpai penyelesaian yang rumit sehingga siswa beralih ke penyelesaian yang tidak sesuai dengan aturan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan matematika, pemecahan masalah matematika, gaya kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics |
Depositing User: | Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 04:04 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 04:04 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/73 |
Actions (login required)
View Item |