EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN “JALAN RAYA PERBANDINGAN” TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN KELAS VII MTs SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG SUMBERJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SHOLIHAH, ANA HALIMATUS (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN “JALAN RAYA PERBANDINGAN” TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN PERBANDINGAN KELAS VII MTs SABILUL MUTTAQIN MARGOAGUNG SUMBERJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (440kB)

Abstract

ABSTRAK Sholihah, Ana Halimatus. 2019. Efektifitas pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan menggunakan media pembelajaran “jalan raya perbandingan” terhapap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberjo bojonegoro pada sub pokok bahasan perbandingan tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Ari Indriani, M.Pd. (II) Novi Mayasari, M.Pd. Kata Kunci : (SFAE), media perbandingan, Prestasi Belajar. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk membuktikan apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan menggunakan media pembelajaran “jalan raya perbandingan” efektifif terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberjo bojonegoro pada sub pokok bahasan perbandingan tahun pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Sabilul Muttaqin Margoagung kelas VII semester II tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, dan VIII C yang masing masing kelas berjumlah 30 siswa, jadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan kelas sampel adalah teknik probability sampling (Simple Random Sampling). Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VIII B dan VII C dengan jumlah tiap kelas 30 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa dokumentasi dan soal. Metode dokumentasi yang digunakan adalah berupa data nilai UAS semester ganjil siswa kelas VII MTs Sabilul Muttaqin Margoagung tahun pelajaran 2018/2019. Metode tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Cara untuk mengetahui bahwa instrumen yang digunakan memenuhi syarat adalah dengan menggunakan lembar validitas isi, validitas butir soal dengan rumus product moment, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan uji reliabilitas instrumen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan metode lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan rumus separeted varians. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTs Sabilul Muttaqin Margoagung didapatkan harga t hitung pada penghitungan dengan menggunakan rumus separated varians yaitu thitung = 11,775. Besar derajat kebebasan ∑dk = 58 dan taraf signifikan α = 5%, didapatkan harga ttabel dengan melihat tabel statistik adalah sebesar 2,301. Didapatkan hasil bahwa thitung bukan anggota DK atau harga thitung > 2,301, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining (SFAE) dengan media pembelajaran “jalan raya perbandingan” efektif terhadap prestasi belajar siswa pada sub pokok bahasan perbandingan kelas VII semester II MTs Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberjo tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: (SFAE), media perbandingan, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 26 Feb 2020 08:48
Last Modified: 26 Feb 2020 08:48
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item