ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA

Agustin, Widia (2020) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA. Jurnal Pendidikan Edutama, - (-). -. ISSN P-ISSN: 2339-2258 E-ISSN: 2548-821X (Submitted)

[img] Text
JURNAL WIDIA AGUSTIN.pdf

Download (153kB)
Official URL: https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php...

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan pada tataran Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dari Segi Pemakaian Huruf dan Pemakaian Tanda Baca pada karangan teks negosiasi siswa-siswi Kelas X Semester Genap SMA Terpadu Al Ishlah Prambontergayang Soko Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020. Bentuk pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang nanti akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Sumber data utama penelitian ini adalah para siswa-siswi kelas X Mipa SMA Terpadu Al Ishlah Prambontergayang Soko Tuban dengan jumlah 24 siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil tugas siswa mengenai karangan teks negosiasi. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Setelah itu dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan model triangulasi data. Berdasarkan paparan data, temuan penelitian dan pembahasan mengenai analisis kesalahan berbahasa pada karangan teks negosiasi dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Analisis kesalahan bahasa dari pemakaian Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dilihat dari segi pemakaian huruf yang ditemukan pada tugas siswa sebanyak 93 kesalahan. (2) Analisis kesalahan bahasa dari pemakaian Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dilihat dari segi pemakaian tanda baca yang ditemukan pada tugas siswa sebanyak 89 kesalahan. Kata Kunci: Analisis, Bahasa Indonesia, Teks Negosiasi

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 02 Nov 2020 08:42
Last Modified: 02 Nov 2020 08:42
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item