EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BALOK DAN KUBUS SEMESTER GENAP KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SUGIARTO, TOTOK (2019) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BALOK DAN KUBUS SEMESTER GENAP KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 BLORA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. Sampul+lembar pengesahan+Bab 1-3.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sugiarto, Totok. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Prestasi Belajar SiswaPada Pokok Bahasan Balok Dan Kubus Semester Genap Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing: (I) Dwi Erna Novianti,S.Si.,M.Pd, (II) Puput Suriyah,S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci:Team Assisted Individualization, prestasi belajar. Data nilai siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Blora tahun pelajaran 2017/2018 semester genap menunjukkan bahwa nilai rata-rata ulangan harian siswa untuk pokok bahasan balok dan kubus masih rendah. Dengan rata-rata nilai 68,00 dan nilai tersebut masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) seperti yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70,00. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor terutama prestasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dan metode yang digunakan guru dalam mengajar yang kurang tepat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji apakah siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualizatin dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan balok dan kubus semester genap siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Blora tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu karena tidak dilakukan control atau manipulasi pada semua variabel yang relevan kecuali beberapa dari variabel-variabelyang diteliti. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah 1 Blora tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang terpilih pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang berjumlah 48 siswa. Kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Metode dokumentasi yang digunakan adalah data nilai UAS semester ganjil mata pelajaran matematika siswa kelas VIII tahun 2017/2018. Metode tes digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar siswa pada materi balok dan kubus dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil uji coba instrumen dari 30 butir soal yang digunakan untuk melakukan tes prestasi belajar berdasarkan hasil validasi isi, validitas butir soal dengan product moment, penghitungan reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil perhitungan pada analisis data menunjukkan untuk mengetahui apakah siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualizatin dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan balok dan kubus semester genap siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Blora tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:09
Last Modified: 27 Feb 2020 03:09
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item