ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME BALOK DITINJAU DARI GENDER

PRADASARI, ISDAIKA (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME BALOK DITINJAU DARI GENDER. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. PROPOSAL SKRIPSI.pdf

Download (707kB)

Abstract

Abstrak Pradasari, Isdaika. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Serta Volume Balok Ditinjau Dari Gender. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas matematika Dan Ilmu pengetahuan alam, Ikip Pgri Bojonegoro, Pembimbing (I) Ahmad Kholiqul Amin, M.Pd., (II) Anis Umi Khoirotunnisa’, M.Pd. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Newman, Balok, Gender Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Kesalahan Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Serta Volume Balok Ditinjau Dari Gender. Penelitian Ini Dilakukan Di MTs Tarbiyatul Islam Soko Kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan luas permukaan serta volume balok. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa kelas VIII-B MTs Tarbiyatul Islam Soko pada semester dua tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan subjek menggunakan simple random sampling. Kemudian diberikan tes tulis materi Balok dengan menggunakan penilaian indikator kesalahan Newman. Didapatkan kesalahan yang dialami siswa dengan gender laki-laki dan gender perempuan hampir serupa namun kesalahan yang dialami siswa dengan gender perempuan lebih sedikit dibanding siswa dengan gender laki-laki. Lebih dalam lagi jika dikategorikan berdasarkan hasil jawaban siswa dengan gender laki-laki dan dengan gender perempuan mempuanyai tipe kesalahan yang berbeda, yaitu siswa dengan gender perempuan hanya mengalami kesalahan proses dan kesalahan hasil sedangkan siswa dengan gender lak-laki mengalami kesalahan membaca, memahami, dan hasil akhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan jenis kesalahan yang dilakukan antara gender perempuan dengan gender laki-laki.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Newman, Balok, Gender
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Ms Sri Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:25
Last Modified: 27 Feb 2020 03:25
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item