ANALISIS NOVEL JEMPUT TERBAWA KARYA PINTO ANUGRAH DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

KHASANAH, HANIFAUL (2019) ANALISIS NOVEL JEMPUT TERBAWA KARYA PINTO ANUGRAH DENGAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.

[img] Text
2. COVER+PENGESAHAN+BAB 1-3.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Khasanah, Hanifatul. 2019. Analisis Novel Jemput Terbawa Karya Pinto Anugrah dengan Pendekatan Sosiologi Sastra dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Pembimbing (I). M. Sholehuddin, M.Pd. Pembimbing (II). Joko Setiyono, M.Pd. Kata kunci : novel Jemput Terbawa, sosiologi sastra, dan RPP Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah, (2) aspek-aspek sosiologi sastra novel Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah di SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah. Objek penelitian ini adalah aspek-aspek sosiologi sastra novel Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah. Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik (tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa), aspek-aspek sosiologi sastra (aspek kekerabatan, aspek kekeluargaan, aspek moral, aspek cinta kasih, dan aspek kebudayaan), dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XIISMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, baca, dan catat. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah penulis yang dibantu dengan kartu pencatat data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara content analysis(analisis isi). Hasil analisis data disajikan dengan menggunakan teknik informal Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Jemput Terbawa, meliputi tema: kisah hidup seorang gadis yang terlahir tanpa kedua orang tua; tokoh dan penokohan: tokoh utama: Laya (Kuat, tidak pernah mengeluh, lugu dan sabar); tokoh tambahan: Nursellah (Kuat), Pejatu (mudah emosi), Mak Ujang (baik), Etek Nian (baik hati dan mudah menyerah), bano (baik hati dan dermawan), alur: campuran; latar tempat: Lembah Pagadih; latar waktu; pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari,; latar situasi: gelisah, Panik, emosi; sudut pandang: menggunakan sudut pandang orang ketiga; amanat: selalu bersyukur, saling menghormati. (2) aspek-aspek sosiologi sastra novel Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah meliputi: aspek kekerabatan; aspek kekeluargaan aspek kebudayaan; aspek cinta kasih; aspek kebudayaan. (3) rencana pelaksanaan pembelajaran analisis sosiologi sastra novel Jemput Terbawa karya Pinto Anugrah menggunakan model pembelajaran Group Investigation, langkah-langkahnya: guru membagi kelompok, guru memberikan subjek penelitian, siswa membuat laporan, siswa mempresentasikan, dan guru memberi kesimpulan. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu menggunakan tes lisan dan tes esai.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jawa Takawa's novel, sociology of literature, and RPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Mrs Anita xx
Date Deposited: 27 Feb 2020 03:24
Last Modified: 27 Feb 2020 03:24
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item