ABIDAH, DALILATI (2019) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PEREMPUAN BATIH KARYA A.R. RIZAL HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
2. Sampul + Pengesahan + Bab 1-3.pdf - Published Version Download (592kB) |
Abstract
ABSTRAK Abidah, Dalilati, 2019 “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan pada Tokoh Utama dalam Novel Perempuan Batih Karya A.R. Rizal Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Institut Keguruan dan Institut Pendidikan PGRI Bojonegoro. Pembimbing (1) Dra. Fathia Rosyida, M.Pd., (II) Abdul Ghoni Asror, M.Pd. Kata Kunci: Nilai-nilai pendidikan, tokoh utama, novel, hubungannya dengan pembelajaran bahasa indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan pada tokoh utama yang terkandung dari novel Perempuan Batih karya A.R. Rizal, (2) menjelaskan dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan pada tokoh utama, apakah novel Perempuan Batih karya A.R. Rizal itu dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Karya sastra merupakan sesuatu yang diungkapkan secara komunikatif dan mengandung makna dengan tujuan estetika. Karya sastra yang berupa nilai-nilai pada novel merupakan salah satu karangan cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya yang menonjolkan waktu dan sifat setiap pelaku. Tokoh utama dalam ebua novel ialah tokoh yang banyak diceritakan dan banyak hadir dalam setiap kejadian. Bisa dikatakan bahwa sebuah karya sastra lahir dari karya sastra lain sebagai sumber penciptaan karya sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah novel berjudul Perempuan Batih karya A.R. Rizal. Data diperoleh melalui studi pustaka. Validasi data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis trianggulasi menggunakan pendekatan objektif di dalamnya menggunakan data yang dianalisis dan analisisnya berbentuk deskripsi yang hanya menjelaskan dan mendeskripsikan, peneliti mengecek atau memeriksa kembali data yang telah dianalisis untuk membuktikan kebenaran hasil analisis yang selanjutnya disimpulkan jawaban sementara dan permasalahan yang dibahas yakni tentang nilai-nilai pendidikan pada tokoh utama dalam novel Perempuan Batih karya A.R. Rizal. Dapat disimpulkan bahwa teknik analisis dapat ditempuh melalui langkah pengidentifikasi, pembahasan sampai dengan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1)Analisis Nilai-nilai Pendidikan Pada Tokoh Utama dalam Novel Perempuan Batih Karya A.R. Rizal memiliki tema cerita yang berbeda dengan yang lainnya. Novel tersebut juga mempunyai cerita tentang seorang perempuan yang brasal dari Minangkabau bernama Gadis yang memiliki kisah hidup yang tragis, menjadi tulang punggung keluarga sekaligus menjadi benteng terakhr untuk melindungi kaumnya (2) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Pada Tokoh Utama dalam Novel Perempuan Batih Karya A.R. Rizal juga akan mengkaji tentang pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Hal ini dilakukan karena media pembelajaran ini efektif untuk menemukan nilai-nilai pendidikan pada tokoh utama dalam novel Perempuan Batih karya A.R. Rizal pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai pendidikan, tokoh utama, novel, hubungannya dengan pembelajaran bahasa indonesia di SMA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Depositing User: | Mrs Anita xx |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 07:04 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:04 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/108 |
Actions (login required)
View Item |