ACHWAN, M.FAISOL FANANI (2023) PENGARUH PENGALAMAN BERWIRAUSAHA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XI SMK WALISONGO SUGIHWARAS BOJONEGORO. Other thesis, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Text
SKRIPSI M. FAISOL_removed.pdf Download (704kB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang sangat banyak dan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Pengangguran menjadi masalah serius yang masih sulit diatasi. Salah satu cara untuk mengatasi masalah pengangguran dengan menciptakan lapangan kerja sendiri menjadi seorang wirausahawan. Siswa, di didik sebagai harapan untuk membuka lapangan pekerjaan. Dalam berwirausaha sangat membutuhkan 3 aspek penting yaitu: pengalaman berwirausaha, Lingkungan keluarga dan minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrument penelitian kuisoner. Peneliti mengambil 1 kelas dari kelas XI terdiri dari 49 siswa di SMK Walisongo Sugihwaras Bojonegoro sebagai sampel yang akan diteliti. Berdasarkan data yang diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian yang telah diuraikan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengalaman berwirausaha terhadap minat berwirausaha sebesar 61,3%, dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha sebesar 69,3%, dengan nilai sig = 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Minat berwirausaha, Pengalaman berwirausaha, Lingkungan keluarga
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 04:25 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 04:25 |
URI: | http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2400 |
Actions (login required)
View Item |