PANCASILA SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PARADIGMA KEBIJAKAN PENDIDIKAN EKONOMI YANG BERKARAKTER

Ismaya, Heru (2014) PANCASILA SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PARADIGMA KEBIJAKAN PENDIDIKAN EKONOMI YANG BERKARAKTER. In: Prosiding seminar & Call For Paper: Pluralisme dalam Ekonomi dan Pendidikan. Pluralisme dalam Ekonomi dan Pendidikan, 1 (1). Universitas Negeri Malang, Malang, pp. 577-587. ISBN 2407-4268

[img] Text
46.-Heru-Ismaya.pdf

Download (107kB)
Official URL: http://ekp.feb.um.ac.id/proceeding-2014/

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mendiskripsikan tentang Pancasila sebagai sumber inspirasi paradigm kebijakan pendidikan ekonomi yang berkarakter. Nilai-nilai luhur yang tercantum dalam Pancasila merupakan nilai-nilai yang diharapkan mampu mewarnai perbuatan manusia Indonesia yang dilaksanakan secara objektif dalam penyelenggaraan pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Penulisan ini menggunakan metode empiris atau non doktrinal untuk mendiskripsikan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai sumber inspirasi paradigma kebijakan pendidikan ekonomi yang berkarakter. Berdasarkan kenyataan objektif bahwa Pancasila adalah dasar negara dan negara pada dasarnya adalah organisasi (persekutuan hidup) manusia. Oleh karena itu, upaya yang ditempuh oleh negara dalam mewujudkan tujuan seluruh warganya harus dikembalikan pada nilai-nilai dasar hakikat manusia yang “monopluralis” meliputi susunan kodrat manusia yaitu rohani (jiwa) dan raga, sifat kodrat manusia adalah sebagai makhluk individu dan sebagai makhluk sosial serta kedudukan kodrat manusia sebagai makhluk pribadi yang berdiri sendiri dan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Pembangunan nasional harus diamanatkan sebagai upaya praktis untuk mewujudkan cita-cita seluruh rakyat yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur dan berkeTuhanan. Dengan demikian paradigma nilai-nilai manusia yang monopluralis benar-benar harus menjadi dasar dalam prepektif kebijakan pendidikan harus di letakkan sebagai dasar ontologis, sedangkan manusia di tempatkan sebagai subyek dan pendukung pokok dalam pembangunan pendidikan nasional. Kata Kunci : pancasila, paradigma kebijakan, dan pendidikan ekonomi

Item Type: Book Section
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Ms Winarsih IKIP PGRI Bojonegoro
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:09
Last Modified: 09 Oct 2024 07:09
URI: http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/2684

Actions (login required)

View Item View Item